Penelitian

Universitas Gunadarma mendukung civitasi akademik dalam berbagai kegiatan, salah satunya adalah penelitian

Perkembangan teknologi yang pesat, menuntut manusia untuk dapat berkreasi, berinovasi dengan melakukan penelitian. Mesin super komputer Nvidia DGX yang dimiliki Universitas Gunadarma merupakan salah satu fasilitas teknologi yang dapat terus mendukung dihasilkannya inovasi berdayaguna positif bagi kehidupan

Penelitian dalam Bentuk Buku

Buku: Pengantar Metode Analisis Sentimen

Salah satu keluaran dalam bidang penelitian yang dihasilkan oleh akademisi Universitas Gunadarma adalah buku. Buku terkait dengan Kecerdasan Artificial yang telah dihasilkan dengan judul "Pengantar Metode Analisis Sentimen" diterbitkan oleh Penerbit Gunadarma pada bulan September tahun 2023 dengan No. ISBN 978-602-0764-57-3. Buku ini melalui penyuntingan oleh Dr. rer. nat. I Made Wiryana. Penyusun buku adalah Detty Purnamasari, Ananda Bayu Aji, Desy Wulandari A. P., Fanka Arie Reza, Milda Safrila Oktiana, Nafa Yanda, Ulfa Hidayati.

Ringkasan:

Kecerdasan artifisial atau Artifisial Intelligence (AI) mengalami perkembangan yang sangat pesat dan beriringan dengan kemajuan teknologi informasi/ sistem informasi. Kecerdasan artifisial telah masuk hampir disegala bidang seperti: ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan lainnya. Kecerdasan artifisial berkaitan dengan perangkat pemrogram yang bekerja diinspirasi oleh kecerdasan seperti yang dimiliki oleh manusia.

Penelitian telah banyak dilakukan terkait kecerdasan artifisial, baik dari sisi pengembangan metode/ algoritma, maupun teknologi yang digunakan. Salah satu bagian dari kecerdasan artifisial adalah Natural Language Processing (NLP) atau pemrosesan bahasa alami yang di dalamnya terdapat analisis sentimen. Perkembangan teknologi dan internet membuat masyarakat saat ini dengan mudah melakukan akses ke banyak hal melalui telepon seluler, salah satunya banyak media bagi masyarakat untuk mengungkapkan opini dan memberikan komentar terhadap sesuatu hal/ kejadian/ produk.

Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram sampai dengan platform e-Commerce merupakan sumber data yang akan bisa menjadi sangat berarti bagi perusahaan. Masyarakat yang bisa dengan mudah menuliskan respon/ komentar terhadap sesuatu hal/ kondisi/ produk akan menjadi sumber data yang dapat diolah menjadi pengetahuan yang memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Perkembangan NLP dalam hal teknologi tentunya tidak terlepas dari konsep psikolingustik yang merupakan suatu bidang untuk mengetahui cara seseorang memperoleh bahasa, menghasilkan dan memahami bahasa lisan dan tulisan. Banyak metode/ algoritma yang dapat digunakan pada analisis sentimen, di antaranya: Naive Baye, Support Vector Machine (SVM), Lexicon Based, dan Long Short Term Memory (LSTM).

Kecerdasan artifisial berhubungan dengan cara pembelajaran yang dilakukan oleh mesin (machine learning). Kecerdasan seperti yang dimiliki oleh manusia diberikan ke mesin agar mesin dapat melakukan pembelajaran secara mandiri sehingga dapat membantu manusia dalam melakukan pengolahan data. Selain machine learning, mesin juga akan melakukan pembelajaran yang lebih mendalam yang dikenal dengan deep learning.

Metode pembelajaran mesin (machine learning) terdiri dari: supervised learning (pembelajaran dengan pengawasan), unsupervised learning (pembelajaran tanpa pengawasan), dan reinforcement learning.

Penelitian dengan Menggunakan DGX

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Koko Bachrudin dengan judul: "Framework Analisis Interdependensi Infrastruktur Informasi Vital Berbasiskan Fuzzy Causal Knowledge Graph", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr.rer.nat. Achmad Benny Mutiara, S.Si., S.Kom, Ko-Promotor: Dr. Lintang Yuniar Banowosari, S.Kom., M.Sc dan Dr. rer.nat. I Made Wiryana, S.Si., S.Kom., MAppSc.


Pada penelitian ini, tujuannya adalah: mengembangkan kerangka kerja analisis interdependensi, sehingga dapat digunakan untuk mengidentifikasi komponen vital Infrastruktur Informasi Vital pada sektor IIV Nasional. Pada penelitian ini digunakan kombinasi antara dua metode untuk pengambilan data menggunakan metode Delphi dan pada fase analisis menggunakan analisis perputaran yang ada pada metode Grounded Theory. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Transkrip dari wawancara 10 panelis ahli yang kemudian dilakukan analisis untuk menghasilkan sebuah Knowledge Graph panelis ahli. 

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana Prodi Sistem Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fanka Arie Reza dengan judul: "Implementasi Metode Clustering dan Topic Modelling pada Analisis Sentimen", di bawah bimbingan Dr. Detty Purnamasari, SKom., MMSI., M.I.Kom. Pada penelitian ini, tujuannya adalah: mengukur hasil analisis sentimen dari umpan balik yang diberikan Mahasiswa Universitas Gunadarma terhadap Mata Kuliah Praktikum Unggulan dalam bentuk pertanyaan dengan jawaban skala Likert, teks di komentar, dan penggabungan dari keduanya. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil dari kuesioner survey yang dilakukan oleh Pengelola Mata Kuliah Praktikum Unggulan di Universitas Gunadarma dalam format CSV (Comma Seperated Values) berjumlah 1424 baris dan 7 kolom dalam teks berbahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan 2 (dua) algoritma pada tipe data yang berbeda yaitu metode topic modeling dan clustering. 

Penelitian pada Tesis Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program pascasarjana magister untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian tesis.

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Magister Teknik Elektro yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Robert dengan judul: "Implementasi Feature Descriptor dan Machine Learning Untuk Klasifikasi Ekspresi Wajah", dibawah bimbingan Prof. Dr. Sarifuddin Madenda. Pada penelitian ini, tujuannya adalah: pengembangan sistem klasifikasi atau identifikasi ekspresi wajah menggunakan algoritma Machine Learning (ML) yaitu berbasis Support Vector Machine (SVM) dan berbasis Convolutional Neural Network (CNN). Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari Dataset ekspresi ekspresi wajah yang digunakan hanya berasal dari TFEID dengan jumlah total sebanyak 283 citra. Metode citra warna keabuan yang digunakan adalah nilai Y dari YCbCr dan nilai V dari HSV. Metode ekstrasi fitur yang digunakan adalah LBP, LMP, dan VJA. Metode klasifikasi ekspresi wajah yang digunakan adalah SVM dan CNN. 

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana Prodi Informatika yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fahd Erlangga Braja Musti dengan judul: "Deteksi Real-time Menggunakan Arsitektur YOLOv8 Terhadap Kain Cacat di Industri Tekstil", di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, S.Si., MMSI. Pada penelitian ini, tujuannya adalah: menganalisis jenis cacat kain yang paling sering terjadi dalam industri tekstil dan mengidentifikasi metode deteksi objek yang paling sesuai untuk mengatasi tantangan deteksi pada lingkungan produksi yang bergerak cepat. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan sistem deteksi objek real-time yang dapat bekerja dalam kondisi waktu nyata dan memberikan hasil deteksi dengan waktu respons yang cepat. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari gambar kain dengan format jpg dan png sebanyak 400 data. Data tersebut terbagi menjadi 3 kelas yaitu Cacat Lubang, Cacat Garis dan Cacat double pick. Data pada masing-masing kelas dibagi kembali menjadi data pelatihan (training) sebesar 70% dari total data masing-masing kelas dan data validasi (validation) sebesar 20% dari masing-masing kelas serta data testing sebesar 10% dari masing-masing kelas. 

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana Prodi Informatika yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Dimas Anggoro Satrio dengan judul: "Convolutional Neural Network Model Analysis using One-shot Learning Method for Facial Recognition Attendance System", di bawah bimbingan Dr. Sigit Widiyanto, ST, MMSI, MSc, M.I.Kom. Pada penelitian ini, tujuannya adalah: mengembangkan dan menguji model pengenalan wajah dengan menggunakan dataset yang tidak seimbang dan melakukan berbagai tahapan, termasuk penggunaan model Convolutional Neural Network (CNN) dengan arsitektur ResNet-34 dan ResNet-50. Sumber data dalam penelitian diperoleh dari dataset C-MS-CELEb sebanyak 1 (satu) juta wajah selebritis yang ada di dunia. Dalam penelitian ini, tahap awal melibatkan preprocessing citra wajah, yang mencakup augmentasi, perubahan warna, kontras, resize citra, dan pemisahan dataset menjadi anchor, negative data, dan positive data. Proses training model dilakukan dengan menggunakan model custom dan model pre-trained seperti ResNet, AlexNet, dan FaceNet, dengan bantuan Triplet Loss Function untuk meningkatkan pemahaman model terhadap hubungan antara anchor, pasangan positif, dan pasangan negatif. 

Penelitian pada Tesis Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program pascasarjana magister untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian tesis.

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Magister Teknik Elektro yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Yoga Panji Perdana Nugraha dengan judul: "Algoritma YOLOv5 Untuk Deteksi Cacat Pada Sekrup Berbasis Citra", di bawah bimbingan Prof. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, S.Si., MMSI. Pada penelitian ini, tujuannya adalah: mengembangkan model yang dapat mendeteksi defect pada screw berbasis citra yang diunggah sehingga nantinya akan menampilkan deteksi defect atau OK pada screw. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari gambar screw dengan format jpg dan png sebanyak 300 data. Data tersebut terbagi menjadi 2 kelas yaitu Screw-OK dan Screw-Defect. Data pada masing-masing kelas dibagi kembali menjadi data pelatihan (training) sebesar 90% dari total data masing-masing kelas yang artinya sebanyak 180 data dari kelas Screw-OK dan 90 data dari kelas Screw-Defect serta data validasi (validation) sebesar 10% dari masing-masing kelas yang artinya sebanyak 20 data dari kelas Screw-OK dan 10 data dari kelas Screw-Defect.

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Sumaiyah Fitrian Dini dengan judul: "Convolutional Neural Network untuk Identifikasi Karakter Visual dan Kondisi Fasad Bangunan Bersejarah di Kota Kuno Lasem", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Eri Prasetyo Wibowo, dan Ko-Promotor:  Dr. Mohammad Iqbal, Dr. Yudi Nugraha Bahar.


Pada penelitian ini, tujuannya adalah: mengembangkan algoritma untuk identifikasi karakter visual dan kondisi fasad bangunan cagar budaya menggunakan CNN, serta menghasilkan klasifikasi karakter visual dan kondisi fasad bangunan cagar budaya di Kawasan Kota Kuno Lasem. Kawasan Pusaka Lasem saat ini sedang dilakukan penataan dengan konsep kota budaya dan destinasi wisata yang selaras dengan lingkungan dan kearifan lokal.


Sumber data dalam penelitian diperoleh dari survei lapangan dokumentasi bangunan di Kawasan Kota Kuno Lasem. Data set penelitian berupa 250 citra fasad bangunan yang diperoleh dari pemukiman Tionghoa dan Jawa yang berada di enam desa tersebut.

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Guntur Eka Saputra dengan judul: "Pengembangan Metode Deteksi dan Menghitung Jumlah Pohon Kelapa Sawit dari Sentinel 2 Imagery Menggunakan Metode Object-Based Images Analysis (OBIA)", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, MSc., Ko-Promotor: Prof. Dr. Sarifuddin Madenda. Pada penelitian ini, tujuan di antaranya:


Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan 205 gambar dengan dimensi masing-masing sebesar 5472 x 3078 dengan format *.jpg. Data sekunder yang digunakan merupakan data citra yang sudah memiliki label atau anotasi sebagai pohon kelapa sawit (oil palm), dan dikatakan sebagai dataset. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 1795 citra satelit sentinel 2 dari roboflow (JS, 2022). Dataset yang sudah diberikan label dengan memiliki kotak atau bounding box. Dataset ini masing-masing memiliki dimensi citra gambar 1024 x 1024 dengan format file *.jpg.

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Bonang Waspadadi Ligar dengan judul: "Sistem Traceability Rantai Pasok Kopi Berbasis Blockchain dan Machine Learning", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, Ko-Promotor: Prof. Dr. Sutrisno Suro Mardjan, M. Agr, dan Dr. Tubagus Maulana Kusuma. Pada penelitian ini, tujuan di antaranya:


Data yang digunakan adalah gambar. Dalam tiap gambar yang diambil terdapat masing-masing 100 biji kopi, untuk biji yang baik maupun yang cacat. Diambil sebanyak 600 citra biji baik dan 600 citra biji buruk dengan total data sebanyak 1200 gambar.

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Antonius Angga Kurniawan dengan judul: "Pengembangan dan Implementasi Klasifikasi Multi-Class pada Dokumen Berdasarkan Abstrak Artikel Ilmiah Menggunakan Pre-Trained Metode Bert", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, Ko-Promotor: Dr. Setia Wirawan, dan Dr.  Ruddy J. Suhatril. Pada penelitian ini, tujuan di antaranya:


Data yang digunakan sebuah file dengan format CSV (Comma Separated Values) berupa abstrak berbahasa Indonesia yang terdiri dari 9 kategori bidang keilmuan, yaitu: Bisnis, Hukum, Kesehatan, Komputer, Komunikasi, Matematika, Pendidikan, Pertanian, dan Teknik.

Penelitian pada Disertasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma dapat menggunakan mesin Nvidia DGX dalam melakukan penelitian disertasi.  

Penelitian mahasiswa Program Pascasarjana Doktor Teknologi Informasi yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Rakhmi Khalida dengan judul: "Pemanfaatan Word Embedding sebagai Pemandu Generative Adversarial Network untuk Pembangkit Pola Batik", di bawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, Ko-Promotor: Prof. Suryadi Harmanto, SSi., MMSI., dan Dr. rer. nat. I Made Wiryana. Pada penelitian ini, tujuannya adalah:


Data yang digunakan adalah data gambar dengan objek motif batik yang berpasangan dengan teks deskripsi yang disebut sebagai caption. 

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana di Program Studi Informatika yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Ananda Anugrah Ramadhan dengan judul: "Analisis Sentimen Pengguna Layanan Telekomunikasi Menggunakan Metode Lexicon-Based dan LSTM". Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjalankan algoritma/metode sehingga memiliki pengalaman dalam merasakan perbedaan proses antara menggunakan CPU di personal komputer dengan menggunakan GPU yang ada di Nvidia DGX. Selain ini, dengan mengambil kesempatan untuk dapat menggunakan Nvidia DGX, mahasiswa juga memiliki bekal dalam pengetahuan dan keterampilan melakukan setting Docker, karena mahasiswa yang melakukan pengajuan penggunaan Nvidia DGX untuk penelitian diawali dengan mengikuti workshop "Docker for Nvidia DGX". Pada penelitian ini, tahap pengumpulan data di media sosial online dilakukan juga dengan menggunakan mesin DGX.

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana di Program Studi Informatika yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Ananda Bayu Aji dengan judul: "Analisis Sentimen terhadap Produk UMKUM Provinsi Bangka Belitung pada e-Commerce menggunakan Metode TF-IDF dan Algoritma Support Vector Machine". Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjalankan algoritma/metode sehingga memiliki pengalaman dalam merasakan perbedaan proses antara menggunakan CPU di personal komputer dengan menggunakan GPU yang ada di Nvidia DGX. Selain ini, dengan mengambil kesempatan untuk dapat menggunakan Nvidia DGX, mahasiswa juga memiliki bekal dalam pengetahuan dan keterampilan melakukan setting Docker, karena mahasiswa yang melakukan pengajuan penggunaan Nvidia DGX untuk penelitian diawali dengan mengikuti workshop "Docker for Nvidia DGX". Pada penelitian ini, ada 3 (tiga) algoritma yang digunakan, yaitu: Support Vector Machine (SVM), Bernoulli Naïve Bayes (BNB), dan Logistic Regression (LR). Kemudian berdasarkan hasil ujicoba, didapatkan algoritma Support Vector Machine (SVM) yang memberikan hasil terbaik.

Penelitian pada Skripsi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma memberikan kesempatan kepada mahasiswa program sarjana untuk dapat menggunakan mesin Nvidia DGX, sehingga mahasiswa dapat menggunakan mesin super komputer Nvidia DGX tidak hanya pada saat MK Praktikum Unggulan, tetapi memiliki kesempatan untuk dapat melakukan penelitian skripsi.

Penelitian mahasiswa Program Sarjana di Program Studi Informatika yang menggunakan mesin Nvidia DGX A100 di Universitas Gunadarma adalah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Raihan Pambagyo Fadhila dengan judul: "Analisis Sentimen pada Produk UMKM di Platform E-Commerce menggunakan Naive Bayes". Pada penelitian ini, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menjalankan algoritma/metode sehingga memiliki pengalaman dalam merasakan perbedaan proses antara menggunakan CPU di personal komputer dengan menggunakan GPU yang ada di Nvidia DGX. Selain ini, dengan mengambil kesempatan untuk dapat menggunakan Nvidia DGX, mahasiswa juga memiliki bekal dalam pengetahuan dan keterampilan melakukan setting Docker, karena mahasiswa yang melakukan pengajuan penggunaan Nvidia DGX untuk penelitian diawali dengan mengikuti workshop "Docker for Nvidia DGX".

Disertasi Program Doktor Teknologi Informasi UG

Disertasi yang dipertahankan pada bulan Juni 2021

Penelitian disertasi mahasiswa Program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, dengan judul: "Visualisasi Temporal Topic Model pada Decision Support System Berbasiskan Deep Learning " dibawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. rer. nat. A. Benny Mutiara, serta Ko-Promotor: Dr. Setia Wirawan, dan Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SSi., SKom., MAppSc. Pada penelitian yang dilakukan, menghasilkan visualisasi dari opini publik terhadap Perguruan Tinggi. Knowledge representation yang dikembangkan digunakan dalam proses deep learning dan pengolahan data dengan menggunakan mesin Nvidia DGX di Universitas Gunadarma.

Disertasi Program Doktor Teknologi Informasi UG

Disertasi yang dipertahankan pada bulan Oktober 2020

Salah satu penelitian disertasi mahasiswa Program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, dengan judul: "Similarity Multilevel Ontology Berbasis Data Intensive Natural Language Processing" dibawah bimbingan Promotor: Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, SSi., SKom., MSc., serta Ko-Promotor: Dr. Detty Purnamasari, SKom., MMSI., M.I.Kom., dan Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SSi., SKom., MAppSc. Pada penelitian yang dilakukan, proses Natural Language Processing dilakukan dengan menggunakan salah satu mesin super komputer yang ada di Universitas Gunadarma, yaitu Nvidia DGX-1.